Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2024

Wortel memiliki ciri-ciri diantaranya

  * wortel berkembang biak umbi dan akar.   * wortel menyukai tanah yang subur, gembur dan memiliki drainase yang baik.   * wortel membutuhkan sinar matahari dan dapat tumbuh di semua musim.   * wortel dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu wortel barat dan wortel timur.   * wortel merupakan sumber karotenoid, vitamin, serat makanan dan anti oksidan. 

Asal usul tanaman wortel.

  Asal usul tanaman wortel diperkirakan dari Asia tengah dan timur, wilayah dengan iklim sedang. Kemungkinan berasal dari Iran raya yang sekarang menjadi Iran dan Afganistan.  Wortel adalah merupakan sayuran akar yang di budidayakan di seluruh dunia sampai saat ini       wortel liar yang terjadi secara alami, diperkirakan sudah dibiakkan secara selektif selama berabad-abad tahun. Proses ini untuk mengurangi rasa pahit meningkatkan rasa manis , dan meminimalkan inti kayu pada buah wortelnya. 
 Tanaman wortel adalah tanaman komoditi sayuran yang bisa tumbuh di dataran tinggi hingga medium dan tanaman tersebut berasal dari biji yang ditabur atau dalam bahasa jawa sebar. Tanaman wortel memerlukan tanah yang gembur dengan cara dibikin bedengan atau gulu dan dg ketebalan bedengan atau guludan kurang lebih10 sampai 15 cm. Setelah guludan  atau bedengan selesai lalu dikasih pupuk organik berupa kompos atau pupuk kandang selanjutnya diaduk dalam bedengan atau guludan terus diratakan lalu di diamkan selama kurang lebih lima hari sebelum di semai /disebar.gunanya  untuk menjaga penguapan pada pupuk tersebut.  Setelah biji disememai/sebar lali ditaburi tanah supaya biji tidak mudah hanyut terkena air ketika musim hujan. Dan di musim kemarau lebih baik bedengan /guludan disiram kemudian biji ditabur/sebar lalu di taburi tanah tipis2 untuk menjaga bijinya cepat tumbuh karena tanahnya masih lembab. 
    Ciri ciri bibit wortel