Budi daya wortel

              Pengolahan tanah untuk     tanaman wortel
Tanaman wortel adalah tanaman musiman dan berasal dari biji dan berakar serabut lalu berubah menjadi buah membesar dan memanjang adapun umur tanaman tersebut 100 hari sampai 120 hari setelah tanam.  tanaman wortel, membutuhkan tanah yang gembur. 
 DanCara pengolahan tanah untuk tanaman wortel tanah tersebut harus dicangkul minimal kedalamannya 30cm atau lebih. Setelah dicangkul lalu dibikin guludan atau bedengan adapun lebar guludan atau bedenganya . Lebar 80cm sampai 100 cm Adapun tinggi guludan atau bedenganya 15cm_20cm.setelah jadi guludan atau bedenganya ditaburi pupuk kandang berupa cm( kotoran ayam), kompos yg sudah matang. Dan di campur dg pupuk nok setelah di taburi pupuk tersebut lalu guludan dan bedenganya diaduk agar menyambur dg tanah adapun takaran pupuk organiknya perhektar 5000 kg dan pupuk npk 500kg atau menurut tingkat kesuburan tanah. 

        Penanaman biji wortel
Sebelum biji disebar atau ditabur alangkah baiknya memilih jenis biji dari bibit-bibit unggulan dari penangkar biji yang berkualitas , adapun jenisnya bebagai macam jenis bibit atau biji wortel tersebut adapun jenis biji ada yang impor maupun lokal Brastagi maupun lokal dataran tinggi dieng, Kopeng, ngablak dan lain sebagainya. 
Untuk penanaman,tabur, atau sebar lebih baiknya tanah digemburkan terlebih dahulu supaya bijinya cepat tumbuh, setelah biji ditabur atau sebar biji ditaburi tanah diambilkan dari parit guludan atau bedenganya. Kalau musim kemarau setelah sebar atau tabur. Harus cepat di siram karna biji wortel kalau 🌏 terlalu kering akan sulit untuk tumbuh.
 Adapun cara penyebaran dilakukan sistim garis dalam guludan/bedenganya
Dan jarak garisnya yang ideal antara10cm_15cm, gunanya untuk menghemat biji dan meningkatkan hasil panen. 

         Perawatan tanaman wortel 
Untuk menghindari opt (organisme pengganggu tanaman) dilakukan penyemprotan untuk mencegah tumbuhnya gulma atau rumput sebelum tanama wortel tumbuh. Memakai herbisida pra tumbuh yang ramah terhadap tanaman wortel. Dan apa bila setelah  tanaman wortel tumbuh biasanya rumputnya juga akan ikut tumbuh bisa menggunakan herbisida purna tumbuh. 
Adapun opt yang lain seperti hama ,siput babi bisa menggunakan insektisida  atau moluskisida yang berbahan aktif metaldehyde  racun ini biasanya berbentuk granul untuk mengantisipasi  serangan dari siput babi ,dilakukan setelah ada tanda2 tanam mulai tumbuh  biasanya hama tersebut mulai menyerang, apa lagi di musim hujan untuk menaburkan racun tetsebut sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terik,dan mengantisipasi serangan hama ulat tanah,ulat Grayak bisa menggunakan insektisida yang berbahan aktif  imidakloprit, profenofos, abamektin dan lain sebagainya.perawatan mengantisipasi penyakit jamur, busuk daun (phitoptora) pada tanaman wortel di musim penghujan atau curah hujannya tinggi dan kelembaban tanahnya tidak stabil. Untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dilakukan penyemprotan menggunakan fungisida sistemik dan kontak yang ber bahan aktif sebagai berikut. mankozeb, maneb, zineb,  propineb metiram klorotatonil, simoxanil, metalaxil dan lain sebagainya, baik yg berbentuk wp atau granul.  Adapun interval dan aplikasinya 7_10 hari

          Penyiangan atau pembumbunan. 

Dilakukan setelah umur tanaman -+30_40hst(hari setelah tanam) untuk menjaga buah wortel tidak muncul keatas yang menyebabkan  hijau di pangkal batang pohon wortel. Cara pembumbunan dilakukan untuk mengisi tanah ke batang daun wortel dan idealnya ketebalan tanah -+ 5cm, apabila dalam penaburan atau penyebaran bijinya terlalu dekat jaraknya biasa dilakukan penjarangan adapun jarak Pejaranganny a -+ 3cm_5cm. Untuk menjaga supaya buah wortel tersebut besarnya serasi dan seragam, dan umur  untuk dilakukan pembumbunan, penyiangan,penjaranga 40 sampai 50 hari supaya belum terlalu ribun daunya setelah dilakukan penyiangan, pembumbunan, penjarangan alangkah lebih baiknya dilakukan penyemprotan mengunakan nutrisi tanaman zpt (zat pengatur tumbuh) PPC ( pupuk pelengkap cair) baik oganik atau an organik yang kandungannya antara npk nya Seimbang seperti npk 1616 bisa di mix dg fungisida dan insektisida, untu mengatisipasi hama dan penyakit serta menambah kesuburan tanaman dan meningkatkan hasil panen. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal usul tanaman wortel.